Minggu, 19 Desember 2010

Target Pasar


Dear Blogger ..

Sudah hampir 2 bulan blog ini tidak terupdate .. semakin hari semakin sibuk dengan pembenahan sehingga jarang buka buka blog apalagi update facebook .. tapi pas sempet ya tetap diusahakan untuk sekedar berbagi informasi :)

Kira kira seminggu yang lalu saya dan istri berkunjung ke salah satu pabrik yang memproduksi handuk yang cukup ternama di kalangan hotel . Jadi productnya itu memang terbatas sehingga setelah coba cari informasi kesana sini sampai juga kita di lokasi tersebut.
Sebelum kesini saya sudah cukup mengenal product pabrik ini tetapi memang harganya cukup tinggi sehingga untuk beberapa customer tertentu yg cukup besar saja product ini dapat diterima, tentunya dengan berbagai pertimbangan harga yg cukup tinggi dibanding product sejenis.

Alangkah kagetnya kami ketika tiba di ruang meetingnya dan mendisplay product yang mereka kerjakan ternyata banyak hotel hotel berbintang yang telah menjadi client mereka dan hampir semuanya langsung order ke pabrik. Jadi boleh dibilang, klo kita coba masuk ke hotel berbintang dan menawarkan product tersebut rasanya cukup mustahil karena mereka sudah ada team marketing yang akan siap datang langsung ketika hotel baru dibangun ... ibaratnya bau hotel berbintang yang baru dibangun sudah langsung mereka cium dari jauh jauh hari :)

Setelah berbincang bincang cukup lama dengan salah seorang senior marketingnya, saya coba tanya "Kenapa ya product ini banyak sekali digunakan di hotel berbintang padahal harganya cukup tinggi untuk product sejenis .." Ternyata jawabannya klasik dan simpel yaitu "Karena kita punya kualitas "
Ya itu juga yang menjawab gejolak kenaikan harga bahan textile dari pabrik sehingga Butik Ceria harus menyesuaikan harga jual .. parahnya ongkos produksi bisa naik lebih dari 15% tapi kami tidak bisa jual dengan kenaikan 10% karena banyak agen yang langsung komplain keras dan menyebabkan omset penjualan turun cukup tajam .. Hehehe sudah omset turun, margin semakin mengecil pula dari sisi prosentase :)

Jadi intinya harga boleh naik karena memang tidak mungkin tidak naik jika kapal kita tetap mau berlayar :) tapi jangan sekali kali mengurangi kualitas ... karena harga yang tinggi tetap ada peluang yang beli dibanding tidak kita naikan tapi pelan pelan membunuh usaha kita ..
Tapi mungkin target pasarnya yang kita rubah .. jika sang pabrik tadi memang specialis menangani hotel hotel berbintang yang tidak perduli dgn harga tinggi selama ada jaminan kualitas ... tentunya strateginya boleh juga kami tiru ... yaitu kami harus mencari pasar yang sesuai dgn product kami yang juga tidak terlalu perduli dgn harga selama ada kualitas ..

Kami mulai berbenah dengan membentuk team marketing offline .. jika selama ini kami hanya mengandalkan penjualan online, maka di penghujung tahun 2010 ini Butik Ceria akan lebih serius lagi menggarap pasar offline ..
Untuk hasilnya akan kami share disini perkembangannya ...

Terima kasih atas dukungan rekan rekan semua mitra bisnis Butik Ceria yang sangat memberikan support baik dari sisi spirit hingga permodalan sehingga usaha kami semakin tumbuh dan berkembang

Salam Hangat


Inu Arya A & Riska Amalia
www.butik-ceria.com
www.spreigrosir.com
www.grosirhanduk.com
www.grosirselimut.com

Tidak ada komentar: