Kamis, 16 Juli 2009

Modalnya berapa ?


Itu adalah kata kata yang sering saya dengar ketika sedang berkenalan atau bertemu dengan teman lama dan baru mengetahui ternyata kami telah alih profesi dari duet IT menjadi duet Pedagang.

Kalau bicara modal jujur saja itu relatif .. pertama kami memulai usaha ini hanya dengan modal yg pieces of cake sekitar 5 jt .. malahan istri saya memulai lebih dahulu dengan 2 jt saja. Sisanya modal katalog yang biasanya kita dapatkan dari supplier. Tetapi apa iya dengan modal sekecil-kecilnya bisa menghasilkan untung yang sebesar besarnya seperti teori yang sering kita pelajari waktu sekolah. Kalau yang itu boleh saya bilang "Kurang tepat ", tetapi mungkin banyak juga rekan yang sudah berhasil dengan teori modal kecil untung besar.

Pengalaman kami adalah teori kapasitas .. semakin besar kapasitas kita maka order yang masuk pun akan semakin besar, karena ibarat gelas kecil tidak akan muat jika diberi kucuran air besar, pasti akan luber. Jadi caranya besarkan gelasnya dan air yang masuk akan lebih banyak .. dan jelas itu diperlukan suntikan modal atau biasa disebut dana segar. Berkali kali kami menambah modal untuk usaha kami ini bahkan rumah simpanan kami telah sukses dilego, dan pengorbanan terbesar kami adalah resign dari perusahaan tempat kami bekerja dengan posisi yang cukup mapan.
"Kalau jualan online gimana, kan bisa tuh dengan modal katalog saja " .. itu juga kami alami sendiri betapa kami harus terus berbohong diawal usaha karena belum PD atau malu jika ada customer yang mau ke rumah untuk melihat langsung stock kami, dan akhirnya kami janjian diluar dengan alasan pas banget sedang diluar. Jadi , suka tidak suka kita harus punya stock atau minimal showroom kecil untuk mendisplay barang dagangan kita. Intinya memulai usaha memang tidak terlalu sulit tetapi mempertahankan usaha agar tetap exist itu yang paling sulit. Inovasi dan development harus terus kita lakukan agar usaha kita bisa tumbuh kembang.
Salam Hangat
Inu Arya A
www.grosirspreibedcover.com

Tidak ada komentar: