Kamis, 24 Juli 2008

Adu Strategy

Kemarin ada salah satu customer yg chat dgn saya .. setelah berbasa basi, tiba tiba dia posting "Pak, skr ini koq makin banyak ya orang yang jual product sama dgn product bapak " .. aha .. rasanya koq seperti ditampar bolak balik :)

Itu sekilas saja masukan yang sangat berharga untuk team butik ceria, selain ada beberapa customer yg minta desain baru supaya kami bisa lebih improve dan bisa bersaing menghadapi competitor sejenis. Sebenarnya fenomena ini sudah saya tangkap sejak awal tahun ini sejak saya hendak migrasi www.butik-riska.com ke www.butik-ceria.com
Butik Riska yang saya launching tahun 2006 lebih mudah mendominasi utk keyword sprei dan bed cover karena memang pada saat itu pemainnya jg masih sangat sedikit. Tetapi awal 2008 saya merasakan sendiri kesulitan menaikan ranking www.butik-ceria.com di search engine google dan yahoo. Saya amati ternyata pemain utk kategori sprei dan bed cover sudah sangat lah banyak dan hampir semua web mempunyai teknik SEO yang sama. Dari yang mulai desain sendiri, CMS dari web provider ternama, Multiply, Blogspot sampai yg baru baru ini jualan lewat Friendster.

Semua jurus sudah saya keluarkan untuk menaikan ranking www.butik-ceria.com mulai dari A, B sampai akhirnya malah www.butik-ceria.com kena banded sama om google krn ada beberapa keyword yg diulang ulang. Nasib . . . :))
Akhirnya saya dipertemukan oleh satu buku yang sebenarnya isinya biasa biasa saja tetapi disitu disebutkan beberapa hal yang terlarang dilakukan untuk menaikan ranking. Alhamdulillah akhirnya om google membuka hatinya utk menerima www.butik-ceria.com

Perjuangan belum selesai, itu baru strategy utk memainkan ranking di google, ternyata kita butuh strategy lain di operasional. Mulai dari mutasi beberapa staff ke posisi yg tepat dan berganti workflow dan perbaikan beberapa SOP yg kami anggap harus dibenahi.

Ternyata dalam bisnis ini butuh banyak strategy utk menghadapi persaingan dan mengatasi kompetitor yg sifatnya ATM (amati, tiru dan modifikasi), padahal sebagian coach mengatakan jurus yg paling handal itu adalah ATM. Tentunya kami tidak bisa memaparkan di blog ini bagaimana caranya menghadapi kompetitor yg ATM karena yang pasti jurus itu pula yg akan ditiru oleh kompetitor kami untuk menghadapi kami ;))

Jika anda ingin sharing masalah kompetitor yang sering meng-ATM product anda, silahkan email ke info@butik-ceria.com atau langsung pm ke ym saya.

Selamat berjuang . . .

Best Regards

Inu Arya A
www.butik-ceria.com

1 komentar:

purple mengatakan...

Assalamualaikum,

Boleh saya minta ym id nya Pak Inu?
Mau berguru nih.

Wass,
ameilia